Selasa, 05 Juni 2012

Putus, Why?

PUTUS. Yang terbesit di benakku ketika aku mendengar temenku atau sahabatku putus dengan pasangannya adalah “kenapa???" Mungkin itu juga yg muncul di benak kalian ketika temen kalian putus sama pasangannya. Kalau cuman denger aja sih, mungkin biasa lalu kita akan mengucapkan“sabar ya.. pasti ada hikmahnya dan akan menemukan yg lebih baik”. Ya... never mind seenggaknya kalimat tsb cukup sedikit menenangkan. Tapi jika kita sebagai pelaku, hmmm... gak terbayang seperti apa remuknya hati kita. (Hehe)

Bagi kalian para ladies mungkin ketika tragedi itu menimpa kalian, hal konyol yg akan kalian lakukan adalah menangis, ya.. konyol memang tapi cukup melegakan, menangis gak akan meneyelesaikan apapun, cuman bikin mata sembab, wajah gak cerah, ngabisin tissu tapi cukup bermanfaat. Seengaaknya akan sedikit mengurangi beban dan biki hati lebih baik. Itu semua karena putus itu terlalu menyakitkan (just for kamu2 yg nonplayer loh..) soalnya bagi para player sepertinya putus itu biasa, gak akan terlalu membekas paling juga bulan depan udah dapet gantinya. Tapi bagi para pencinta tentu butuh waktu yg lama buat nyembuhin bekasnya. Hmmm.. gak munafik, aku juga seperti itu, karena aku hanya wanita biasa yg kadang terlalu rapuh, buatku perlu waktu yg lama tuk bangkit dari semua keterpurukanku, butuh bermalam-malam menumpahkan kemudian mengeringkan air mataku. Gak apa2, bagi para ladies itu hal yg lumrah dan biasa.

Sekarang kita bicara tentang “kenapa harus putus...???” Menurut buku yg aku baca nih, suatu hubungan akan bertahan jika setiap pasangan saling memahami, saling mengerti, merasa nyaman dan saling membutuhkan. Jika hanya sepihak.. kata putus akan terbakar dg mudah. Malah kadang putus terjadi karena hal yg bener2 simple dan sepele. Jeleous misalnya, dipungkiri atau nggak jelleous itu ibarat bensin di tengah kobaran api, ketika hubungan mulai terasa hambar, perhatian mulai ilang, komunikasi mulai jarang dan tiba2 si jelleous datang, wussshh.. langsung dah memicu kemarahan perseturuan dan berlanjut pada pemutusan hubungan percintaan. Hebat banget ya si jelleous.

Dalam sebuah hubungan jelleous itu wajar kok, bukan cinta kalau tanpa rasa cemburu. Bagi para ladies cemburu itu adalah bagian dari ekspresi cinta (ekspresi yg berlebihan). Bahkan wanita mulia sekelas Aisyah pernah memecahkan semangkuk roti kuah yang diberikan istri Rasulullah yg lain kepada baginda Rasul. Bahkan wanita mulia Siti Sarah yg dulunya merelakan hati suami tercinta Ibrahim as tuk dibagi dengan wanita lain Siti Hajar karena tak mampu memberikan keturunan, finally cemburu juga. Karena cemburu itu “fitrah”, cemburu muncul karena cinta yg membara. Cemburu bagai ular yg melilit meracuni mengoyak bahkan melecehkan harga diri. Tapi yg perlu diingat cemburu itu ada kadarnya loh, kalau berlebihan juga gak baik, ujung2nya putus deh.

Hilanganya perhatian dari sang pujaan hati juga bisa jadi salah satu ular pematuk yg menimbulkan penyakit, ladies itu sudah tercipta dg fitrah yg selalu ingin diperhatiin, gak perlu tiap hari harus diapelin, dimanjain, ditelponin, dibeliin barang2 bagus, diajakin main, dsb. Yg ladies butuhin cuman dicintai dg sederhana kok, ya.. kalau gak bisa sering2 ketemu paling gak sms gak penting lah, mungkin buat par cowok “sayang, lagi apa..??? sayang, udah maem..???” dsb itu gak penting. Tapi buat ladies sms ringan tsb udah lebih dari cukup. Intinya sesibuk apapun, jangan sampai ngilang atau gak hubungin pasangan, walaupun hanya sekedar sms gak penting. Ladies itu cenderung pengen tau kegiatan pasangannya, cenderung pengen diajak malming bareng, dinner bareng, ya.. kalau gak bisa tiap minggu sekali sebulan dua kali lah.. hehe.. (ini sih kata temen2ku para ladies, maap ya teman sedikit diexpose toh aku gak sebut merk, piiizzz....). J

Biarpun jarang ketemu, komunikasi itu penting dan perlu loh, perhatian kecil, atau kejutan-kejutan kecil, dsb akan sangat mengurangi resiko “si putus” menghampiri. Oh ya, masih buat para cowok,ladies itu cenderung cenderung menggunakan perasaannya daripada logikanya, so.. coba deh sekali2 kalau wanitamu lagi bener2 emosi pake perasaanmu baru tanyakan ke logikamu. Ladies itu kalau udah marah kadang gak bisa diajak ngomong baik2 dan nyari solusi, contoh paling simple aja (masih kata temen2 ladies ku) mereka sering tiba2 marah2 via sms, panjaaannnggg.. banget.. kalau sudah begini cowok biasanya males bales, soalnya cowok itu gak suka ngebahas sesuatu yg belum jelas duduk perkaranya dan menghebohkannya apalagi via sms, celakanya cewek itu suka “mangkel” kalau si cowok gak bales. Ladies itu cepet banget terbakar emosi apalagi kalau lagi “dapet tamu” dan kedatangan si jelleous. But, cowok itu lebih suka ngomong baik2, ketemu baik2, nyari solusi bareng2. Lha ladies kalau udah ngambek.. mbek.. mbek.. terlalu gampang bilang putus.. putus.. putus.. Nah... ribet kan..???

Yg ini buat ladies, kita mungkin sering terlalu egois, gak mau ngerti, dan terlalu banyak menuntut. Kita marah2 kalau sedikit aja dicuekin, gak dianggep penting, dan gak dilibatin apalagi kalau gak dibutuhin. Hey.. ladies.. cowok yg baik itu gak akan ngrepotin ceweknya (menurut sudut pandng aku sih). Cowok itu kalau udah terlalu sibuk dg dunianya apalagi kalau udah kecanduan game ataufootball siap2 deh dicuekin, hmmm... belum lagi kalau cowok kalian itu aktivis, jangan kebanyakan nuntut donk, kasian.. Hidupnya gak cuman buat mikirin kamu doank kan..?? Nah, apalagi kalau cowok kalian udah kerja, jangan terlalu menuntut ini itu, satu hal yg harus kalian ingat, dia kerja itu buat siapa..??? Buat masa depan kalian kan..???

Sebenarnya akan lebih baik apapun itu, meskipun sebuah kenyataan yg menyakitkan akan lebih afdhol kalau dibicarain baik2, dicari solusi bareng2, ya... jangan sampai putus lah selagi bisa dipertahanin. Diselingkuhin sekalipun kalau masih sayang, pasti ada jalan keluarnya. Biasanya pasangan selingkuh itu karena ngerasa bosan, hambar, dan nemu yg better tapi kan belum tentu bakal milih selingkuhannya. Contoh paling sepelenya KKN (Kisah Kasih Nyata), cinlok itu sesuatu yg wajar kok, yg namanya orang sama2 jauh dari pasangan, kesepian trus dipertemukan dan saling bisa memberikan kenyamanan, why not..??? tapi toh akhirnya bakalan balik sama pasangannya. (Masih seputar the friends’s experience).

Karena cowok dan ladies itu terlalu berbeda. Tahukah kalian para ladies,cowok itu cenderung enggan mengungkapkan apa yg sebenarnya dia rasakan, cemburu, ilfill, rindu, kangen, gak akan segampang terlontar seperti ladies. Cowok angkuh cuek dan kasar sekalipun, sebenernya pasti punya sisi2 romantis yg kita terlalu enggan mengingatnya. Dan para ladies itu adaaaa aja maunya, yg kadang bikin cowok jadi males. Karena ladies itu unik, jadi belajarlah mengerti. Katanya Ada Band sih “Karna Wanita Ingin Dimengerti”.

Finally... jangan dikit2 minta putus, dikit2 bilang break dsb. Karena penyesalan selalu datang di belakang. Ngajak balikan...??? gengsi lah walaupun sebenernya mupeng dan bener2 masih cinta mati. Terlambat untuk menyesal, terlambat untuk memperbaiki, terlambat untuk meminta maaf, setelah kita menyadari segala bentuk keegoisan, segala bentuk kekhilafan, segala bentuk kesalahan, namun ketika semuanya sudah terlambat, apalagi yg bisa diperbuat. Hanya bisa mengenang kebersamaan, memandang dan tersenyum dari kejauhan, mengamati setiap gerak geriknya, memutar lagu2 kenangan atau paling gak yg mendukung irama hati lah, menanyakan kabar pada teman2nya, karena tuk sekedar menyampaikan kerinduanpun saja terlalu berat. Kenapa aku bisa berkata begini karena aku juga seperti itu, sama seperti kalian. So, buat yg masih adem ayem, atau bahkan cintanya sedang di ujung jalan, atau dilanda kegalauan pikirkan 1000 kali untuk memutuskan hubungan, meski kata putus terucap dalam emosi sesaat belum tentu bisa diperbaiki dan dampaknya luar biasa dahsyat. (terlebih bagi yg sedang menjalankan skripsi). Hmmm... sabar.. sabar.. dan sabar... pikirkan bagaimana hari kalain ke depan pasca kalian menjadi kaum jomblo (yg ini buat ladies), inget penyesalan selalu datang di belakang dan gak semua hal bisa diperbaiki. Jaga hati, jaga mata, memalingkan pandangan boleh kok asal gak memalingkan hati. Oyi2..

NOTE:
- Tulisan oleh Kaki Mungil
- Gambar diambil dari SINI

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...